Sebagai pelaksana akunting itu sangat urgen, karena dia yang akan menjabarkan rincian keuangan secara akurat bagi seluruh anggota perusahaan, jadi bisa diketahui apakan perusahaan itu mengalami keuntungan atau kerugian.
Intinya, akunting sangat penting demi berjalan efisiennya manajemen suatu perusahaan.
2. Harta=Utang+Modal
Ket:H = Harta, yaitu semua milik (Kekayaan) dari suatu perusahaan.
U =
Utang, yaitu kewajiban perusahaan terhadap pihak lain.
M =
Modal, yaitu hak pemilik perusahaan. 3. Likuiditas:
Adalah kemampuan suatu perusahaan untuk memenuhi kewajiban finansialnya yg segera harus dipenuhi.Suatu perusahaan mempunyai “kekuatan membayar” belum tentu dapat memenuhi segala kewajiban finansialnya.
Rentabilitas:
Rentabilitas/profitabilitas suatu perusahaan menunjukkan suatu perbandingan antara laba dengan aktiva atau modal yang menghasilkan laba tersebut.
Solvabilitas
Kemampuan suatu perusahaan untuk memenuhi segala kewajiban finansialnya pada saat perusahaan tersebut dilikuidasi
4. Ruang Lingkup Manajemen Keuangan dari suatu bisnis:
1.Bagaimana memperoleh dana untuk membiayai usahanya
2.Bagaimana mengelola dana tersebut sehingga tujuan perusahaan tercapai
3.Bagaimana perusahaan mengelola aset yang dimiliki secara efisien dan efektif
2.Bagaimana mengelola dana tersebut sehingga tujuan perusahaan tercapai
3.Bagaimana perusahaan mengelola aset yang dimiliki secara efisien dan efektif
referensi
http://ekonomi-sosiologi-geografi.blogspot.co.id/2015/10/pengertian-manajemen-keuangan-dan-ruang.html
http://wahyuadiprasetyo.blogspot.co.id/2013/11/likuiditas-solvabilitas-dan-rentabilitas.html
http://jurnal-akuntansi.blogspot.co.id/2012/06/pengertian-persamaan-dasar-akuntansi.html
http://jurnal-akuntansi.blogspot.co.id/2012/06/pengertian-persamaan-dasar-akuntansi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar